Spekta: Mentadaburi Alam dengan Berkemah

Spekta adalah kegiatan camping atau berkemah yang dilakukan oleh santri dan asatidzah pondok Tahfidz Ar-Rasyid Pare. Kegiatan ini menjadi kegiatan tahunan untuk mempererat kekeluargaan pondok. Selain itu, tujuan spekta juga untuk mentadaburi ayat-ayat kauniyah-Nya.

Spekta dilaksanakan selama tiga hari dua malam yakni mulai hari Selasa hingga kamis mendatang 15-17 Desember 2020. Kegiatan ini dilaksanakan masih di daerah jawa timur yaitu coban Rondo. Tempat ini dipilih karena selain harganya yang tergolong murah juga aman dan nyaman.

Adapun peserta dalam perkemahan ini terdiri dari santriwan dan santriwati beserta asatidzah juga ikut mendampingi. Tak ketinggalan mudir pondok ustadz Mustari berserta keluarga juga founder pondok ustadz Agih Firjatullah turut hadir.

Pondok Tahfidz Ar Rasyid sebagai Pondok Al-Qur’an mempunyai inisiatif agar santrinya dapat memahami ayat-ayat Allah baik berupa ayat qauliyah maupun kauniyah. Oleh sebab itu, Spekta menjadi perantara mentadaburi ayat kauniyah dan sekaligus mempererat keluarga.

Panitia, asatidzah dan peserta sejak malam hingga pagi hari bahu membahu mempersiapkan keberangkatan Spekta ini. Dimulai pukul 08.30 Wib truk pertama berangkat membawa barang-barang kemudian disusul truk kedua yang membawa santriwan. Sedangkan truk ketiga dan keempat membawa santriwati. Sempat terjadi kemacetan karena perbaikan jalan dan diguyur hujan sehingga sedikit mengganggu jalannya kegiatan.

Kegiatan perkemahan ini cukup ditunggu oleh santri karena selain untuk melepaskan kepenatan di pondok juga untuk melatih kekompakan dan kemandirian. Mereka harus saling peduli satu sama lain. Satu rasa satu jiwa. Selamat bertadabur dan semoga menjadi lebih baik.