SMA Tahfidz Ar-Rasyid Selenggarakan LDK Perdana Untuk Santri

SMA Tahfidz – Dalam rangka peningkatan kualitas santri, SMA Tahfidz Ar-Rasyid selenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan (الدورة التدريبية الأساسية للقيادة) bagi seluruh santri di jenjang SMA pada Sabtu, 3 Oktober 2020 lalu.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka meningkatkan kualitas kepemimpinan dan tsaqafah (wawasan) santri agar bisa menjadi pemimpin di pondok dan setelah lulus nantinya.

Ustaz Abdul Kahar, selaku kepala SMA Tahfidz Ar-Rasyid menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi wasilah bagi santri untuk bisa sejak sekarang belajar menjadi seorang pemimpin agar kelak santri sudah tak kewalahan ketika diperhadapkan dengan tanggung jawab-tanggung jawab umum.

“Kegiatan ini Kita gelar agar mampu menjadi wasilah bagi Antum dan Antunna sekalian untuk bisa memahami prinsip-prinsip dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Supaya nantinya sudah tidak kaget dan siap mengemban amanah di tengah umat nantinya” Pungkas lelaki berdarah Bugis tersebut.

Aksal Garani Nawawi, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan juga mengungkapkan kepada seluruh peserta agar menjadikan ini adalah titik awal yang akan terus dikembangkan kedepannya.

SMA Tahfidz kajian

“Saya harap teman-teman yang hadir dalam kegiatan ini tidak pernah berhenti untuk belajar. Kegiatan Kita hari ini hanya titik awal saja. Jika kegiatannya berakhir, bukan berarti usaha Kita untuk belajar memimpin juga berakhir, tapi perlu terus ditingkatkan!” Ungkap Aksal dalam sambutan pembukaannya.

Acara ini berlangsung sejak Sabtu pagi hingga malam harinya. Dimulai dengan materi Kepemimpinan, Manajemen Organisasi dan Public Speaking. Di malam harinya, simulasi pembuatan proyek serta pelatihan pembuatan proposal, interview dan verifikasi data juga dilangsungkan sebagai praktek dari materi yang telah didapatkan.

SMA Tahfidz ikhwan

Hudzaifah, salah seorang peserta kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat baginya. Selain berlangsung dengan penuh kegembiraan, juga tak lepas manfaat-manfaat yang akan menambah pengalaman.

“Kesan saya, Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini. Di samping menggembirakan, juga dapat pengalaman dan ilmu yang bermanfaat” Ungkap Hudzaifah di akhir kegiatan tersebut.
Suasana kegiatan lapangan di malam hari

Di akhir acara, panitia juga menggelar acara Kilas Balik Tahunan dengan menampilkan dokumentasi-dokumentasi awal serta muhasabah niat belajar. Harapannya agar video ini bisa mengingatkan kembali kenangan-kenangan perjuangan di awal-awal kedatangan.