REGULER

Menjaga Keberadaan dan Keountetikan Al-Qur’an

Reguler – Al-Qur’an merupakan dokumen paling penting bagi umat islam. Tanpa Al-Qur’an umat islam akan kehilangan arah karena teks suci tersebut berisikan mengenai ajaran-ajaran Islam yang sesuai dengan “titah Alloh”. Baik buruk perbutan seseorang muslim parameternya adalah Al-Qur’an. Dalam catatan sejarah, umat Islam pernah risau setelah banyak diantara penghafal Al-Qur’an yang meninggal dunia dalam perang yamamah. Kejadian ini kemudian menjadi inspirasi bagi sahabat-sahabat untuk menuliskan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Salah satu upaya untuk menjaga keberadaan dan keountetikan Al-Qur’an.

Sementara itu, perkembangan arus globalisasi yang begitu cepat telah membawa dampak pada perkembangan teknologi dan modernisasi yang semakin pesat. Untuk menghadapi tantangan zaman yang berkembang dan dituntut untuk berperan dalam masyarakat, tak hanya di bidang umum semata, tapi juga di bidang Al-Qur’an dan bahasa.

Namun seiring arus modernisasi yang tidak bisa dibendung lagi, pesantren dihadapkan pada sebuah problem paradigma visi dan model pembelajaran. Karena para santri tidak cukup dibekali dengan satu kopetensi saja, tapi setelah lulus dapat tetap eksis di tengah-tengah masyarakat.

Salah satu lembaga pendidkan yang menyelenggarakan progam tahfidz Al Quran adalah Pondok Tahfidz Ar-Rasyid pare. Pondok ini lebih memfokuskan di bidang Al-Qur’an dengan harapan agar seluruh santriwan/santriwati termotivasi untuk dapat menghafal Al-Qur’an.

Pondok Tahfidz Ar-Rasyid adalah salah satu pendidikan Al-Qur’an dan Bahasa Arab – inggris yang menggabungkan ilmu-ilmu dasar Islam. Menjadikan Al-Qur’an & Bahasa sebagai pokok utama dalam penerapan keseharian dalam rangka mencetak generasi islam yang kokoh dan tanggap terhadap perubahan zaman.

program 3 in 1

Reguler – Di masanya Pondok Tahfidz Ar-Rasyid bermula dari Progam Rumah Tahfidz yang digagas oleh Yayasan Ahad Pagi Al-Amin dan bekerja sama dengan Ar Rasyid Tahfidz Center. Kemudian seiring berjalannya waktu terbentuklah Ar-Rasyid Scholarship Progam yang menaungi anak-anak dari keluarga yang belum mampu dan bersemangat dalam menghafalkan Al-Qur’an. Namun seiring berjalannya waktu karena banyaknya permintaan untuk program 3 in 1 yaitu tahfidz, bahasa arab dan bahasa inggris akhirnya kami memutuskan membuka progam reguler untuk semua jenjang dari usia 12-25 tahun.

Progam ini lebih memfokuskan ke bidang bahasa 40% dan Tahfidz 60%. Mengingat kami bertempatkan di kampung bahasa atau lebih dikenal dengan nama kampung inggris. Dengan bahasa tersebut terlebih bahasa arab menjadikan anak-anak didik kami lebih mudah menghafal Al-Qur’an. Dan dengan bahsa inggris membuat mereka lebih siap untuk berdakwah di era milenial saat ini.

Visi

Sebagai Lembaga Pencetak Generasi pemimpin umat, menjadi penghafal Al-Qur’an yang unggul, amanah, mandiri, serta mampu menguasai dan berbahasa Arab-inggris pasif dan aktif.

Misi

1. Melaksnakan pembelajaran Tahfidz secara efektif dan efisien

2. Menumbuhkan semangat membaca, memahami dan menghafalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari hari

3. Membekali ilmu dengan Bahasa sebagai bekal menempuh jenjang yang lebih tinggi dan berkiprah di tengah-tengah masyarakat.

Keunggulan

-Terwujudnya Santri yang unggul menuju terbentuknya khaira ummah, terbentuknya generasi mukmin-muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat dan berpengetahuan Luas.

-Santri mampu bercakap menggunakan Bahasa Arab dan English daily conversation.