Pondok Tahfidz Putri : Arrasyid School Pare

Pondok Tahfidz Putri  – Kebutuhan untuk menghapal Al Qur’an terbuka untuk siapa saja, darimana saja, kalangan apa saja, putra maupun putri. Tidak ada batasan atau syarat tertentu selain mampu membaca Al Qur’an dengan baik dan benar.

Dinamika ini muncul karena pemahaman akan Alqur’an semakin meluas dan merata pada setiap orang. Pemahaman yang menuntun para orang tua untuk mementingkan ilmu agama dibanding ilmu dunia, setidaknya anak anak aman secara akhirat dulu baru mengenal ilmu lainnya.

pondok tahfidz putr tahan

Selain itu, ganjaran dan pahala bagi para hafiz dan hafizah menjadi daya tarik bagi orang tua atau bahkan sang anak sendiri untuk mau menghafal Al-qur’an. 

Preseden baik ini seirama dengan sabda Nabi SAW tentang pahala orang yang menghafal Alquran, “Orang yang membaca dan menghafal Alquran, dia bersama para malaikat yang mulia. Sementara orang yang membaca Alquran, lalu dia berusaha menghafalnya, dan itu menjadi beban baginya, maka dia mendapat dua pahala.” (HR. Bukhari).

Secara teologis, siapa saja yang mempunyai kemauan kuat untuk menghapal Alquran mendapat jaminan kemudahan dari Allah SWT. Sebab Alquran diturunkan dengan susunan kata, kalimat, dan frasa yang mudah untuk dihapal. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.” (QS. al-Hijr/15: 9).

Menurut pengarang Tafsir Jalalain, Allah SWT memelihara Alquran dari orang-orang yang hendak melakukan penggantian, perubahan, penambahan, dan pengurangan. Terbukti setiap kali ada kesalahan cetak, baik disengaja atau tidak, dengan cepat kesalahan itu dapat diketahui dan diperbaiki. Kendati kesalahan tersebut hanya satu kata atau bahkan satu huruf saja.

 

Semua ini berkat para penghapal Alquran. Secara praksis, untuk mengecek kekeliruan cetak Alquran, salah satunya adalah dikonfirmasi kepada penghapal Alquran. Bukan dengan mushaf lain yang dianggap valid cetakannya. Itulah mengapa ayat di atas menggunakan kata “Kami”. Artinya Alquran dipelihara oleh Allah SWT, malaikat, dan penghapal Alquran.

Secara fungsional, sudah sepantasnya kalau para penghapal Alquran berlimpah pahala kelak di akhirat. Nabi SAW menjanjikan, “Penghapal Alquran nanti akan datang, seraya Alquran berkata kepadanya, “Ya Tuhan, pakaikanlah dia sebuah pakaian yang baik lagi baru. Selanjutnya penghapal Alquran itu diberi mahkota kehormatan.” (HR. Turmudzi).

pondok tahfidz putr anak

Pahala menghapal Alquran bukan hanya diberikan bagi yang mampu menghapal satu mushaf Alquran yang terdiri dari 30 juz, 114 surah, dan 6.666 ayat. Namun Allah SWT juga memberikan penghargaan kepada siapa saja yang mampu menghapal satu surah saja atau bahkan kurang dari itu. Sebab perhitungan pahala menghapal Alquran adalah ayat per ayat.

Arrasyid School merupakan pondok tahfidz putri terbaik yang berlokasi di Kecamatan pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Sudah terkenal secara kurikulum dan alumninya membuat Pondok Tahfidz Putri ini sangat diminati oleh para penghafal Al Qur’an.

Suasana pesantren dan lingkungan sangat mendukung untuk bisa khusyu’ dalam menghapal ayat demi ayat suci Al Qur’an. Dibantu dengan kurikulum serta pembimbing yang berpengalaman sehingga program hafalan selalu berjalan lancar meskipun setiap individu santri punya kemampuan yang berbeda.