Perkembangan Pondok Tahfidz Ar-Rasyid

Di masa yang semakin dekat dengan hari akhir ini, semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya Al-Qur’an. Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua sehingga perkembangan pondok tahfidz pun semakin tinggi. Maka banyak sekolah yang menghadirkan Program Tahfidz sebagai tambahan program wajib. Hal ini dikarenakan semakin merebaknya lembaga dan pondok penghafal Al-Qur’an, salah satunya Pondok Tahfidz Ar-Rasyid ini.

Perkembangan Pondok Tahfidz Ar-Rasyid dari awal berdiri, yaitu pada tahun 2017, hingga sekarang sangatlah cepat. Baik dari segi pembangunan pondok itu sendiri, hingga perkembangan program-program yang ada di dalamnya. Diawali program Rumah Tahfidz Ar-Rasyid yang telah berjalan sejak pondok ini berdiri. Kemudian berkembang ke Program Beasiswa, Program Reguler, dan Program SMA Tahfidz yang telah berjalan selama 2 angkatan.

Di masa pandemi yang tak kunjung usai ini, banyak lembaga formal dan non formal yang belum bisa membuka program belajar mengajarnya kembali. Bahkan tak sedikit yang memilih menutup tempat untuk selamanya. Alhamdulillah, dengan izin Allah SWT Pondok Tahfidz Ar- Rasyid sudah mampu membuka kembali program belajar mengajarnya. Mulai tanggal 12 Juli 2020 semua santri diwajibkan datang ke pondok dan memulai belajar kembali. Tentunya dengan berbagai pertimbangan dan prosedur yang harus ditaati, mulai dari kelengkapan kebutuhan kesehatan, alat cek suhu, surat keterangan sehat dokter, hingga kewajiban karantina  sebelum dan sesudah perjalanan

Kegiatan awal santri pada Tahun Ajaran 2020/2021 ini alhamdulillah berjalan dengan lancar. Mulai dari kegiatan MASTAVID (Masa Ta’aruf Covid) yang berupa Pengenalan Lingkungan Sekitar Pondok yang dilanjut dengan Karantina Tahsin Santri Baru dan Kemah Ba’da Karantina (Camp DAKARA) di lahan belakang pondok.

            Setelah 1 bulan pertama dilalui dengan fokus pada perbaikan bacaan Al-Qur’an, di bulan September inilah seluruh santri serempak menghafal al-Qur’an.

Penulis: Muhajiroh Wassyifa