Memanah Ajari Santri untuk Fokus

Kegiatan memanah ajari santri untuk fokus dalam semua kegiatan. Hal ini menjadi manfaat dari memanah selain membuat jasmani sehat juga melatih pikiran untuk lebih fokus. Memanah adalah olahraga sunnah yang dicontohkan nabi. Manfaatnya untuk melindungi diri dan sebagai ketangkasan yang membuktikan Islam agama kuat dan tangguh.

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

اللهْوُ في ثلاثٍ : تأديبُ فرَسِكَ ، و رمْيُكَ بِقوسِكِ ، و مُلاعَبَتُكَ أهلَكَ

Lahwun (yang bermanfaat) itu ada tiga: engkau menjinakkan kudamu, engkau menembak panahmu, engkau bermain-main dengan keluargamu” (HR. Ishaq bin Ibrahim Al Qurrab [wafat 429H] dalam Fadhail Ar Ramyi no.13 dari sahabat Abud Darda’, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami’ 5498 )

Kegiatan memanah ajari santri untuk memahami diri, mengendalikan, dan mengarahkan sesuai dengan kemampuan dan keahlian. Pondok Tahfidz Arrasyid memfasilitasi kegiatan memanah baik untuk laki-laki maupun perempuan. Terlebih lagi bagi para penghafal Al-Qur’an kefokusan sangat diperlukan. Hal ini menjadi nilai tambah bagi santri selain mengamalkan sunnah, melatih keterampilan diri, melindungi diri, juga memperkuat daya fokus untuk menghafal Al-Qur’an.

Pondok Tahfidz Arrasyid dalam meningkatkan mutu ekstra kulikuler memanah mendatangkan pelatih yang ahli di bidangnya. Setelah belajar dengan ahlinya banyak hal yang dipelajari termasuk adab dalam memanah. Panahan yang dipakai kategori hose bow yang 70% dari kemahiran pemanah dan 30% dari alat panahnya sendiri. Akan berbeda dengan panahan modern seperti standard bow yang 30% dari kemahiran pemanah dan 70% dari alat panahnya sendiri. Hose bow dipilih karena alatnya yang ringan, mudah dibawa dan keterampilan pemanah sangat diperlukan.

Ternayata ulama terdahulu telah mengajari generasinya turun temurun, baik secara otodidak maupun dengan menulis kitab memanah. Ulama terdahulu sering menggunakan alat panah untuk berburu dan berjihad di jalan Alloh. Sebagai genarasi Islam seharusnya  meneruskan teradisi ini karena selain berpahala juga bermanfaat bagi kesehatan lahir dan batin. Seperti pada era melineal ini gerasi islam tergerus zaman modernisasi dan hedonisasi. Betapa mirisnya generasi ini dan sudah seharusnya islam kuat dan tangguh dari berbagai aspek termasuk di bidang olahraga memanah.