Info Sekolah
Friday, 09 Dec 2022

Terlambat Segalanya

Diterbitkan :

Autobiographie Komödie Paar daniel wellington classic inside schlucken Barsch FestlandTerlambat Segalanya – Banyak orang yang mengeluhkan tentang kondisi hidupnya, banyak yang merasa urusannya serba sulit dan serba telat. Rezeki datang terlambat, jodoh terlambat, ngaji terlambat, semuanya serba terlambat. Ternyata seringkali pemicunya adalah dari perilaku kita sendiri. Hal ini sesuai dengan kaidah yang disampaikan oleh para ulama “al-jaza’ min jinsil ‘amal” yang maknanya adalah balasan itu sesuai dengan jenis amal yang dilakukan. Jadi ketika kita melakukan perbuatan A maka kita akan mendapatkan balasan yang serupa dengan A. Maka ketika ada seseorang yang merasa bahwa segala urusannya serba telat maka itu adalah ganjaran dari perbuatan dia yang suka telat pula

Terlambat apa?

Jawabannya adalah terlambat sholat. Rasulullah sholallahu a’laihi wa sallam bersabda :

Abu Sa’id al-Khudriy radhiyallahu ‘anhu menuturkan,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- رَأَى فِى أَصْحَابِهِ تَأَخُّرًا فَقَالَ لَهُمْ: «تَقَدَّمُوا، فَائْتَمُّوا بِى، وَلْيَأْتَمَّ بِكُمْ مَنْ بَعْدَكُمْ، لاَ يَزَالُ قَوْمٌ يَتَأَخَّرُونَ حَتَّى يُؤَخِّرَهُمُ اللَّهُ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memperhatikan ada sebagian sahabatnya yang telat dari shaf awal. Maka beliaupun bersabda, “Majulah dan isilah shaf depan. Bermakmumlah di belakangku. Jamaah di shaf berikutnya mengikuti shaf depannya. Orang yang terbiasa telat shalat, pasti akan dihukum oleh Allah menjadi telat (dalam segala urusannya)”. HR. Muslim.

Dari hadis ini bisa kita simpulkan bahwa orang yang terbiasa terlambat dalam sholatnya maka Allah akan membuatnya terlambat dalam urusannya. Yang perlu kita perhatikan adalah bahwasanya Rasulullah tidak menyebutkan terlambat dalam urusan A, B, atau C. Maka bisa disimpulkan bahwa maksudnya adalah Allah akan membuatnya terlambat di segala urusannya. Siapa yang terbiasa untuk menunda-nunda waktu sholat maka akan ditunda seluruh urusannya oleh Allah. Maka inilah yang perlu kita koreksi, kenapa urusan kita serba sulit, rezeki telat, jodoh pun lambat datang, maka bisa jadi hal itu disebabkan oleh kebiasaan kita yang suka menunda-nunda sholat.

Sahabat sekalian, efek buruk tadi hanyalah efek buruk di dunia. Dan pastinya tidak seberapa jika dibandingkan dengan efek buruk yang akan kita terima di akhirat. Karena keterlambatan di akhirat ini adalah tentang terlambatnya kita keluar dari neraka. Nauzubillahmindzalik.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,“Orang yang terbiasa telat dari shaf pertama, dia akan ditelatkan untuk keluar dari neraka”.

HR. Abu Dawud dan dinilai sahih oleh Ibn Hibban dan Ibn Khuzaimah. Menurut al-Albaniy hadits ini sahih, kecuali kata “neraka”.

Maka bisa kita simpulkan bahwa cepatnya kita pergi ke masjid akan berefek kepada cepatnya kita masuk surga. Dan terlambatnya kita berangkat sholat akan berefek kepada terlambatnya kita masuk ke surga. Jadi kebiasaan terlambat atau menunda-nunda dalam sholat bukanlah suatun perbuatan yang ringan dan sepele tapi merupakan perkara yang besar karena menyangkut tentang nasib kita di akhirat nanti. Karena sehari di akhirat sama dengan 1000 tahun di dunia. Maka bisa kita bayangkan jika kita terlambat selama satu hari saja itu sama artinya kita harus menunggu selama 1000 tahun terlebih dahulu. Lalu bagaimana jika terlambatnya satu pekan, satu bulan, atau bahkan satu tahun?

Maka berlatihlah! berjuanglah! Karena semua itu butuh latihan. Mari kita perbaiki bersama-sama agar jangan sampai gara-gara terlambat yang satu ini akhirnya terlambat segalanya.

Syukron Barakallahu fiikum

Disampaikan oleh; Ustadzah Mesi Eka Putri

  • Terlambat Segalanya
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

penulis
Sumardi Solin

Tulisan Lainnya

Oleh : Sumardi Solin

Manfaat Mengkonsumsi Madu

Oleh : Sumardi Solin

SIAPA MANUSIA PALING BURUK?

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Pahala Sholat Subuh: Anda Terkaya

Oleh : Hermansyah

Seni Mengikat Hafalan

Oleh : Sumardi Solin

Cara Agar Beramal Lebih Baik Lagi