Info Sekolah
Friday, 09 Dec 2022

Suatu kisah

Diterbitkan :

Suatu kisah -Dikisahkan ada seorang wanita yang cantik jelita, pekerjaan sehari-harinya adalah menjadi pelacur. Wanita ini semakin lama termakan oleh usia, parasnya yg sudah tidak cantik lagi dan fisiknya pun mulai melemah. Akhirnya wanita ini memilih untuk meninggalkan pekerjaan yang selama ini dijalaninya. Dia berjalan tanpa tau mau kemana dan selama perjalanannya dia merasa sesal dan ketakutan atas apa yg pernah ia jalani selama ini dia menyusuri Padang pasir yang panas dan tandus, tak henti-hentinya dia meminta ampunan dan ingin bertaubat kepada Allah Ta’ala.

Perjalanan panjangnya

Perjalanan panjangnya membuat wanita ini mulai merasa sangat lapar dan haus, hingga di suatu tempat wanita ini menemukan sebuah sumur tua yang di dalamnya terdapat air susah payah wanita ini mencoba mengambil air dari sumur dengan sendalnya ketika sedang berusaha mengambil air, tiba-tiba datanglah seekor anjing yang juga terlihat sangat kehausan. Anjing tersebut mendekati si wanita yang sedang mengambil air dari sumur, ketika mendapatkan air, wanita ini melihat ke arah anjing lalu memberikan air yang ada di tangan nya. Setelah anjing mendapatkan apa yang diinginkannya, anjing itupun pergi meninggalkan wanita tersebut. Sementara itu wanita ini masih merasakan kehausan yg sangat amat. Sampai akhirnya dia meninggal ditempat, tanpa sempat meminum air dari sumur tersebut. Dikisahkan ada seorang wanita yang cantik jelita, pekerjaan sehari-harinya adalah menjadi pelacur. Wanita ini semakin lama termakan oleh usia, parasnya yg sudah tidak cantik lagi dan fisiknya pun mulai melemah. Akhirnya wanita ini lain

Kisah lain..

Sementara itu ada seorang ahli ibadah yang tiap harinya menjalankan sholat nya, tidak pernah ketinggalan tahajudnya.Dirumahnya, ada seekor kucing peliharaan yang hidup di dalam kurungan. Kucingnya tidak diberi makan, tidak pula di bebaskan untuk mencari makan. Saking asyiknya beribadah, wanita ini lupa memperhatikan peliharaannya. Sampai akhirnya kucing peliharaannya mati karna tidak diberi makan.Dalam kisah ini dinyatakan, wanita pelacur yang menyelamatkan seekor anjing dari kehausan masuk surga sedangkan wanita ahli ibadah dimasukkan ke neraka kita bisa ambil hikmahnya dari kisah tersebut, bahwa ibadah tidak akan berarti apa-apa bila tidak dibarengi dengan akhlak mulia.

Dijelaskan juga di dalam Al Qur’an surah Al-Ankabut ayat 45

Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar “

Tetapi di dalam kehidupan sehari-hari, terkadang masih ada orang yang baru pulang dari masjid masih mencuri sandal, rajin ikut pengajian tapi masih suka menggunjing orang lain, rajin beribadah tapi masih menyakiti hati tetangganya.Mungkin ketika kita beribadah niat kita masih belom tertata dengan baik, masih ingin dilihat oleh orang atau pamer dan lain sebagainya. Bahkan cahaya dalam shalat pun tidak terpancar sama sekali. Shalatnya hanya sebagai penggugur kewajiban.Jadi ibadah yang tidak benar bukannya melahirkan akhlak yg baik tapi malah sebaliknya.Kemuliaan akhlak merupakan bukti dari berkualitasnya iman seseorang, karena inti dari ibadah adalah untuk memperbaiki akhlak. Bukan berarti kita harus jadi orang jahat atau pelacur seperti kisah diatas tadi, terus bertaubat dan masuk surga. Tetapi lebih bermuhasabah diri, menjadikan shalat sebagai sarana pertemuan terbaik kepada Allah dan berakhlak mulia.Karena menjadi baik itu mudah dengan diam, maka yang terlihat adalah kebaikan. Yang tersulit adalah menjadi bermanfaat, karena itu butuh perjuangan.

Disampaikan oleh: Ustadzah Minatul Muzdalifah

  • Suatu kisah
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

penulis
Sumardi Solin

Tulisan Lainnya

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Keutamaan Shalat Berjamaah : Banyak Pahalanya

Oleh : Sumardi Solin

Amalan-amalan utama di hari jumat