Info Sekolah
Thursday, 11 Aug 2022

Sholat Tahajud: Meraih Maqom Terindah

Diterbitkan :

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan antara tengah malam hingga menjelang subuh. Sholat tahajud sering disebut qiyamul lail (sholat malam). Dan sholat tahajud biasanya dilakukan setelah bangun tidur. Karena begitu pentingnya sholat tahjud hingga Alloh menyebutkan di dalam firmannya.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

 

“Dan pada sebahagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’: 79).

Suasana malam yang sunyi dan hanya sedikit yang dapat melaksanakannya sehingga sholat tahajud sangat besar pahalanya. Alloh Subhaanahuu Wata’ala menganjurkan hamba-Nya untuk sholat tahajud agar mendapat kesempatan berada pada derajat yang tinggi.

Sholat tahajud merupakan kebiasaan orang sholeh bahkan mereka rela sedikit tidur dan lebih memilih bangun kemudian bertahajud. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

“Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” [Adz-Dzaariyaat/51: 17-18] Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu anhuma mengatakan, “Tak ada satu pun malam yang terlewatkan oleh mereka melainkan mereka melakukan shalat walaupun hanya beberapa raka’at saja.”[ Tafsiir ath-Thabari, (XIII/197)]

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam memuji dan menyanjung mereka:

تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

 

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” [As-Sajdah/32: 16-17] Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, “Yang dimaksud dengan apa yang mereka lakukan adalah shalat malam dan meninggalkan tidur serta berbaring di atas tempat tidur yang empuk.”

 

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat menganjurkan kepada keluarga dan para Sahabatnya untuk melakukan shalat malam dan membaca al-Qur-an di dalamnya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ صَلاَةِ الْمَفْرُوْضَةِ، صَلاَةُ اللَّيْلِ

“Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat yang dilakukan di malam hari.” [ HR. Muslim, kitab ash-Shiyaam bab Fadhli Shaumil Mu-harram, (no. 1163).]

Semoga kita diberi keistiqomahan untuk mengerjakan sholat tahajud.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Tulisan Lainnya

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Manfaat Puasa Arafah: Double Pengampunan

Oleh : Sumardi Solin

Empat Prinsip Hidup Muslim

Oleh : Sumardi Solin

Keutamaan Belajar Bahasa Arab

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Pondok Tahfidz di Jawa Timur: Penjaga Kalam Ilahi

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Manfaat Puasa Daud: Perisai Diri