Info Sekolah
Friday, 09 Dec 2022

Pahala Sholat Berjamaah: Tak Tergantikan

Diterbitkan :

 

Pahala Sholat Berjamaah: Tak Tergantikan – Sholat merupakan aktifitas ritual yang dilakukan umat Islam sebagai bentuk pemenuhan kewajiban seorang hamba kepada Tuhannya. Sholat juga diartikan doa karena di dalamnya terdapat rangkaian doa. Sholat menjadi mikrojnya hamba kepada Tuhannya karena dalam sholat seorang hamba berkomunikasi dengan Tuhannya.

Sholat merupakan tiangnya agama yang tegaknya bengkok menandakan kondisi agama. Sholat menjadi penopang yang keberadaanya mengokohkan dan meninggikan agama. Meninggalkan sholat berarti meninggalkan agama bahkan menghancurkannya. Karena pentingnya sholat hingga Rasululloh menyebut sebagai amalan yang akan dihitung pertama kali di akhirat kelak. Jika sholatnya benar maka seluruh amalan akan dinilai benar. Begitu juga sebaliknya jika sholatnya rusak maka seluruh amalanya akan rusak.

Sholat berjamaah

Pahala Sholat Berjamaah: Tak Tergantikan – sholat yang merupakan pokok amal memiliki banyak pahala. Pahala sholat sunah dan wajibpun berbeda.

Pahala Sholat Berjamaah: Tak Tergantikan – sholat berjamaah berdasarkan hadits Rasululloh Shollollohu Alaihi Wasallam berpahala 25 derajat atau 27 derajat. Tentu keutamaan ini tidak akan didapat pada sholat sendirian.

Ada kekhususan bagi mereka yang shalat berjamaah yaitu mendapat naungan dari Alloh dimana tidak ada naungan selain naungan-Nya. Mereka yang telah terikat hatinya dengan masjid akan selalu merindukan dan kembali ke masjid. Sebagaimana yang dikatakan Rasululloh Shollollohu Alaihi Wasallam “Ada tujuh golongan yang akan dinaungi Allah pada hari tiada naungan selain naungan-Nya. (Salah satunya) adalah seseorang yang hatinya selalu terikat dengan masjid.” (HR Bukhari).

Tidak hanya itu, keutamaan yang lainnya diampuni dosa-dosanya. “Barang siapa yang berwudhu untuk shalat, lalu ia menyempurnakan wudhunya, kemudian berjalan menuju shalat wajib dan ia melaksanakannya secara bersama-sama atau berjamaah atau di masjid, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya.” (HR Muslim).

Orang yang sholat berjamaah juga mendapatkan jaminan surga. “Ada tiga orang yang semuanya dijamin oleh Allah, (salah satunya) seseorang yang pergi ke masjid, ia dijamin oleh Allah ketika Ia mewafatkannya dengan memasukkannya ke surga.” (HR Abu Dawud). Harapannya semoga kita menjadi hamba-hamba Allah yang senantiasa istiqamah menjalankan shalat berjamaah. Aamiin.

 

 

 

 

 

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Tulisan Lainnya

Oleh : Sumardi Solin

Bersyukur Dulu

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Pahala Sholat Subuh: Anda Terkaya

Oleh : Sumardi Solin

Nikmat Sakit

Oleh : Hermansyah

PENUNTUT ILMU

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Manfaat sholat dhuha