Info Sekolah
Thursday, 11 Aug 2022

Manfaat sholat dhuha

Diterbitkan :

 

Panduan, Manfaat, dan Keutamaan Sholat Dhuha | Headlines.id

Tahukah anda akan Manfaat sholat dhuha? Manfaat sholat dhuha ialah memang sangat banyak baik untuk jasmani maupun rohani, sehingga akan sangat baik jika dilakukan setiap hari, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa mengenai manfaat dari sholat dhuha. Sholat dhuha adalah merupakan sholat yang dilakukan pada saat matahari baru terbit sekitar pukul 08.00 sampai dengan waktu dzuhur.

Manfaat sholat dhuha memang sangat banyak dan tentu saja sangat bermanfaat untuk seseorang, selain untuk membukakan pintu rezeki agar lebih baik, sholat dhuha sendiri juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita peroleh jika rutin melakukan sholat dhuha.

1. Dapat menjaga/merawat kualitas diri

Rutin melaksanakan ibadah shalat dhuha merupakan kelebihan yang dimiliki seseorang. Sebab ibadah shalat yang satu ini bukanlah kewajiban yang diperuntukkan bagi setiap Muslim, melainkan hanya dianjurkan bagi siapa saja yang bersedia untuk menunaikannya. Dan perlu kita ketahui bersama tentu tidak sembarang orang bersedia melaksanakan ibadah sunnah kecuali memiliki dorongan tersendiri itu dari salah satunya.

Dan bisa dikatakan bahwa shalat dhuha dapat merawat kualitas diri dengan ditandainya keleluasaan waktu di pagi hari untuk lakukan hal-hal positif seperti beribadah.

2. Pahala UMRAH dapat kita dapatkan

Mengerjakan shalat dhuha tentunya akan mendapatkan pahala. Pahala dari shalat dhuha setara dengan pahala mengerjakan umrah.

Baca dan simak baik baik hadist ini, Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barangsiapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan umrah. (Shahih al-Targhib : 673)

3. Sholat dhuha mendapatkan?

Manfaat sholat dhuha “Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim)

4. Waktu Terbaik untuk Berdoa

Anas bin Malik Radhianllahu anhu pernah berkata, saya melihat Rasulullah SAW pada waktu berpergian, melakukan sholat Dhuha sebanyak delapan rakaat, setelah selesai beliau bersabda,

“Sesungguhnya saya sholat penuh dengan harapan dan kecemasan. Saya memohonkan kepada Allah tiga hal, lalu dikabulkannya dua dan ditolak yang satunya. Saya mohon supaya umatku jangan diuji dengan musim paceklik dan ini dikabulkan, saya memohon pula agar umatku tidak dapat dikalahkan oleh musunya dan ini pun dikabulkan, lalu saya mohon agar umatku jangan sampai terpecah belah menjadi beberapa golongan dan ini ditolak-Nya.” (HR Ahmad, An Nasa’i, Al Hakim, dan Ibnu Khuzaimah. Oleh keduanya, hadits ini disahihkan.

5. Menggugurkan dosa

Shalat Dhuha akan menggugurkan dosa-dosa orang yang rutin melakukan ibadah shalat dhuha meskipun dosanya itu sebanyak buih di lautan. Berikut hadist yang memperkuat hal ini. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda,

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan” (HR. Tirmidzi)

Sangat perlu kita ketahui bersama-sama bahwa masih banyak Faedah,Fadhilah sholat dhuha tentunya_

Semoga kita bisa mengamalkan sholat dhuha karena allah swt, dan semoga allah menerima amalan kita. Dan semoga kita lebih semangat dan istiqomah dalam melaksanakan ibadah kepada Allah yang maha pemurah lagi maha penyanyang. Aamiin allahumma aamiin…

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Tulisan Lainnya

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Manfaat Puasa: Mau Tahu?

Oleh : Sumardi Solin

Fadilah/keutamaan wudu

Oleh : Sumardi Solin

Memahami Kegagalan