Info Sekolah
Wednesday, 10 Aug 2022

Manfaat Puasa Senin Kamis : Untuk Dunia & Akhirat

Diterbitkan :

Manfaat Puasa Senin Kamis – Perlu kita mengetahui bersama akan Manfaat puasa Senin Kamis. Bukan hanya sekedar untuk bekal pahala yang luar biasa di akhirat. Lebih dari itu ada banyak sekali manfaatnya yang bersifat dunaiwi bagi manusia. Para muslim mungkin sudah paham, mengetahui keutamaan menjalankan puasa pada Senin dan Kamis, salah satunya ialah hari ketika Senin yang merupakan hari ketika Rasulullah SAW dilahirkan dan menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT. Perintah untuk melaksanakan puasa sunnah pada hari Senin & Kamis tercatat dalam sata hadits di bawah ini;

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Dunia dan Akhirat

𝘋𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘢𝘳𝘵𝘪𝘬𝘦𝘭 𝘪𝘯𝘪,𝘣𝘦𝘣𝘦𝘳𝘢𝘱𝘢 𝘮𝘢𝘯𝘧𝘢𝘢𝘵 𝘱𝘶𝘢𝘴𝘢 𝘴𝘦𝘯𝘪𝘯 𝘬𝘢𝘮𝘪𝘴 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘥𝘶𝘯𝘪𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘩𝘪𝘳𝘢𝘵.

1. Memberi kesempatan organ tubuh untuk beristirahat.

Berpuasa berarti mengistirahatkan organ pencernaan dalam jangka waktu tertentu. Dengan istirahat yang cukup, tentunya tubuh akan terus berada dalam kondisi yang fit dan sehat, istirahat juga merupakan fitrah manusia.

2. Menahan/melatih emosi

Puasa merupakan ibadah yang membiasakan kita untuk bersabar. Mulai dari bersabar dari lapar dan haus, hingga bersabar dari godaan lain yang membatalkannya. Karena itu melaksanakan puasa Senin Kamis akan membentuk kita menjadi pribadi yang stabil secara emosional.

3. Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur

Dengan berpuasa, rasa empati terhadap orang lainlain akan semakin meningkat, terutama bagi mereka yang berada dalam kondisi keberuntungan yang masih jauh di bawah kita dan dengan berpuasa pula kita akan lebih tahu cara mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

4. Melatih diri terhindar dari dosa

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah disebutkan

“𝘚𝘦𝘨𝘢𝘭𝘢 𝘴𝘦𝘴𝘶𝘢𝘵𝘶 𝘪𝘵𝘶 𝘢𝘥𝘢 𝘻𝘢𝘬𝘢𝘵𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘻𝘢𝘬𝘢𝘵 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘫𝘪𝘸𝘢 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘣𝘦𝘳𝘱𝘶𝘢𝘴𝘢. 𝘚𝘦𝘥𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝘱𝘶𝘢𝘴𝘢 itu 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘴𝘦𝘱𝘢𝘳𝘶𝘩 𝘬𝘦𝘴𝘢𝘣𝘢𝘳𝘢𝘯.”

Dengan melakukan puasa setidaknya dua kali dalam seminggu, maka apa yang menjadi kewajiban kita akan terlunasi dan menghindarkan diri dari dosa sebagaimana yang disebutkan dalam hadis lain, “Puasa adalah benteng yang menghalangi seseorang dari bara api neraka.” (HR. Ahmad dan Baihaqi).

5. Mendatangkan berlimpahnya kebaikan

Meskipun hukum puasa Senin Kamis ini sebagai ibadah sunnah, puasa Senin Kamis merupakan salah satu cara untuk menambah pahala. Selain itu, membatasi jumlah kalori yang masuk bisa membawa manfaat kesehatan dan mengistirahatkan tubuh. Secara langsung ini akan berdampak baik pada kesehatan tubuh kita.

6. Pintu surga dibuka selebar-lebarnya

Pada hari Senin dan Kamis, pintu surga dibuka. Ini merupakan petunjuk tentang betapa mulianya hari Senin dan Kamis dan orang-orang yang melaksanakan puasa di hari itu adalah orang yang beruntung.

𝙈𝙚𝙡𝙖𝙠𝙪𝙠𝙖𝙣 𝙥𝙪𝙖𝙨𝙖 𝙎𝙚𝙣𝙞𝙣 𝙆𝙖𝙢𝙞𝙨 𝙨𝙚𝙘𝙖𝙧𝙖 𝙧𝙪𝙩𝙞𝙣 𝙨𝙪𝙙𝙖𝙝 𝙥𝙖𝙨𝙩𝙞 𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙢𝙚𝙣𝙟𝙖𝙙𝙞𝙠𝙖𝙣 𝙥𝙚𝙧𝙖𝙨𝙖𝙖𝙣 𝙠𝙞𝙩𝙖 𝙡𝙚𝙗𝙞𝙝 𝙩𝙚𝙣𝙖𝙣𝙜 𝙙𝙖𝙣 𝙟𝙖𝙪𝙝 𝙡𝙚𝙗𝙞𝙝 𝙚𝙣𝙖𝙠 𝙢𝙚𝙣𝙜𝙞𝙣𝙜𝙖𝙩 𝙗𝙚𝙧𝙥𝙪𝙖𝙨𝙖 𝙙𝙞𝙝𝙖𝙧𝙪𝙨𝙠𝙖𝙣 𝙪𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙗𝙞𝙨𝙖 𝙢𝙚𝙣𝙟𝙖𝙜𝙖 𝙥𝙞𝙠𝙞𝙧𝙖𝙣.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Tulisan Lainnya

Oleh : Sumardi Solin

Amalan-amalan utama di hari jumat

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Keutamaan Shalat Berjamaah : Banyak Pahalanya

Oleh : Sumardi Solin

Keutamaan Belajar Bahasa Arab

Oleh : Sumardi Solin

Empat Prinsip Hidup Muslim

Oleh : Sumardi Solin

MENGURAI MASALAH TANPA LELAH