Info Sekolah
Wednesday, 10 Aug 2022

Manfaat puasa senin Kamis bagi pria

Diterbitkan :

Manfaat puasa senin Kamis bagi pria

 

Manfaat puasa senin Kamis bagi pria: Puasa merupakan ibadah wajib yang dilaksankan oleh muslim sebagaimana puasa ini juga dilaksanakan oleh umat terdahulu. Namun, di antara yang wajib ada pulapuasa sunnah yang memiliki manfaatnya cukup banyak.

Tentu puasa sunnah banyak jenisnya. Satu di antaranya dan umumnya banyak dilaksanakan adalah puasa Senin-Kamis. Sesuai dengan namanya puasa ini dilaksanakan pada hari senin dan kamis. Fungsi dari ibadah sunnah yang dilakukan untuk menyempurnakan pusa wajib. Mengenai puasa Senin-Kamis ini

Rasulullah Shollollohu Alaihi Wasallam bersabda:

“Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Manfaat puasa senin Kamis bagi pria: Selain mendapatkan manfaat pahala dan kemuliaan dari Alloh Subhaanahuu Wata’ala, menjalankan puasa Senin-Kamis juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Karena jaraknya yang relatif sama antara hari Senin dengan hari Kamis memberi jeda waktu yang cukup bagi tubuh. Terlebih lagi pria akan memperbagus kualitas sistem reproduksinya.

Umumnya kualitas seperma yang bagus setelah produksi selama 24 jam. Puasa Senin-Kamis membantu sistem reproduksi yang sangat bagus untuk pematangan sel seperma. Dengan demikian, proses pembuahanpun sangat bagus dilakukan setelah puasa. Akan tetapi, bagi pria yang belum menikah puasa menjadi benteng kontrol yang baik bagi dirinya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga memerintahkan berpuasa bagi yang belum mampu menikah, beliau bersabda:

 

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

 

“Wahai para pemuda, siapa yang sudah sanggup menikah, maka menikahlah. Karena itu lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu obat pengekang nafsunya” (HR. Bukhari no. 5056, Muslim no. 1400).

Sudah jelas banyak manfaat puasa bagi pria terutama kontrol diri, penenang jiwa, dan sistem reproduksi yang baik. Dengan memiliki sistem reproduksi yang baik kesempatan untuk memiliki keturunan sangatlah besar.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Tulisan Lainnya

Oleh : Sumardi Solin

Fadilah/keutamaan wudu

Oleh : Sumardi Solin

Suatu kisah

Oleh : Sumardi Solin

Cara Agar Beramal Lebih Baik Lagi

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Jenis-Jenis Puasa Sunnah: Penyempurna