Info Sekolah
Wednesday, 10 Aug 2022

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan: Rela Melewatkannya?

Diterbitkan :

 

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan: Puasa Senin Kamis sangat umum di kalangan muslim terutama di pondok-pondok pesantren. Banyak manfaat yang terdapat pada puasa ini baik secara agama maupun kesehatan. Manfaat puasa Senin Kamis diantaranya jika rutin dilakukan, dapat menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, hingga mencegah kanker.

Islam mengajak kita untuk memperhatikan makanan yang dimakan. Tentu, hal ini perlu dipikirkan dan laksanakan karena kebanyakan penyakit timbul dari makanan. Alloh Subhaanahuu Wata’ala berfirman “Maka terhadap makananmu perhatikanlah”. Alloh juga mengingatkan kita untuk memakan makanan yang baik. Contohnya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang selama sahur dan berbuka. Sebab jika di kedua waktu tersebut Anda tetap mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi gula, maka manfaat yang dimaksud akan sulit didapatkan.

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan: Puasa dua kali dalam sepekan, ini memberi waktu istirahat bagi tubuh untuk melakukan fungsi dengan baik. Selain itu, tubuh juga akan mendetoksi racun-racun yang terbawa atau yang disebabkan makanan. Dengan demikian, metabolisme tubuh akan melakukan reset ulang dan membuat proses pembakaran lemak dan energi di tubuh menjadi lebih efektif.

Ada beberapa manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan, seperti:

Tidur jadi lebih nyenyak

Kondisi seseorang yang sedang berpuasa membuat jam makan lebih teratur. Hanya ada dua waktu untuk makan yaitu saat berbuka dan sahur. Hal ini membuat lambung punya lebih banyak waktu untuk mencerna makanan dengan baik sebelum tidur. Dengan demikian, saat tidur perut terasa lebih ringan dan membuat tidur lebih nyenyak dan perasaan lebih segar.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah dapat dipicu oleh makan dan kondisi jiwa atau pikiran. Saat berpuasa, asupan makanan akan dihentikan dan pikiran lebih bisa dikontrol dengan baik. Akibatnya tekanan darah akan menurun dibandingkan dengan biasanya. Tekanan darah akan kembali naik saat Anda selesai berpuasa. Namun, Anda bisa mempertahankan tekanan darah tetap stabil selama tidak mengonsumsi makanan yang bisa memicu darah tinggi dan mengontrol pikiran.

Meningkatkan fungsi otak

Berpuasa beberapa kali dalam seminggu terbukti bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar. Kondisi puasa akan berdampak pada tersalurnya oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak. Dan asupan oksigen yang baik akan mempengaruhi fungsi otak. Berbeda dengan kondisi tubuh saat tidak berpuasa karena oksigen akan banyak diperlukan pada pembakaran makanan (oksidasi biologis). Ini penyebabnya seseorang mudah mengantuk setelah mengkonsumsi makanan terutama karbohidrat.

Menurunkan berat badan

Kondisi puasa menyebabkan asupan kalori di tubuh akan berkurang. Tubuh akan membakar sumber energi yang tersisa seperti lemak. Hal ini tentu akan menurunkan berat badan. Namun, manfaat yang ini baru bisa tercapai jika Anda melakukannya secara teratur.

Menurunkan risiko diabetes

Rutin puasa Senin Kamis dapat menurunkan risiko diabetes. Sebab, berpuasa dapat mengendalikan insulin dan membantu penurunan berat badan, dua hal yang berhubungan erat dengan diabetes.

Itulah sekilas manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan. Rutinkanlah puasa senin kamis agar dapat menyempurnakan puasa wajib dan mendapat manfaat yang baik bagi tubuh.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Tulisan Lainnya

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Pahala Sholat Berjamaah di Masjid: Memakmurkan Masjid

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Manfaat puasa untuk kesehatan: lepaskan penyakitmu

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Pondok Tahfidz Di Jawa Timur

Oleh : Sumardi Solin

Buah Kesombongan