Info Sekolah
Friday, 09 Dec 2022

Manfaat puasa bagi ibu hamil: Luar Biasa

Diterbitkan :

 

Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil: Biasanya di usia dini kita sudah dilatih untuk belajar berpuasa. Harapannya ketika balig ibadah puasa dapat dilakukan dengan baik. Dengan demikian, pendidikan usia dini dapat diandalkan bila lingkungan dan keluarga mendukung.

Puasa merupakan keadaan dimana pelakunya menahan diri dari apa-apa yang membatalkannya mulai mulai waktu subuh hingga terbenamnya mentari di ufuk barat. Tujuannya untuk mengontrol diri dari segala bentuk maksiat dan perilaku tercela lainnya. Oleh sebab itu, musuh terbesar puasa yang paling berat adalah keinginan diri.

Puasa bagi Ibu Hamil

Alloh Subhaanahuu Wata’ala tidak pernah melarang seorang hamba-Nya untuk berpuasa pada waktunya. Bahkan terhadap ibu hamil dan menyusui sekalipun. Alloh hanya melarang ketika seseorang memaksakan diri berpuasa yang berakibat buruk bagi hamba itu sendiri. Akan tetapi, jika mereka mampu maka puasa lebih baik dilaksanakan. Ibu hamil atau menyusui diperbolehkan tidak berpuasa bila dikhawatirkan berdampak buruk bagi diri, anak, dan keluarganya. Akan tetapi, jika mampu maka tidak ada larangan bahkan itu lebih baik.

Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil

Mungkin banyak di antara kita yang menganggap bahwa ibu hamil tidak boleh berpuasa karena dapat mengganggu perkembangan janin. Anggapan itu tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Ibu yang sedang mengandung jika mampu berpuasa akan memperoleh banyak manfaat.

Manfaat pertama adalah pembakaran lemak pada tubuh yang dapat mengganggu kesehatan. Kelebihan lemak pada tubuh dapat mengganggu kesehatan bagi ibu maupun janin. Dengan berpuasa lemak akan terbakar, tubuh menjadi ringan, dan peredaran darah menjadi lancar, serta pikiran menjadi tenang.

Mengurangi toksik atau racun dalam darah. Kondisi tubuh akan stabil dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Kondisi ini akan menjadikan tubuh ibu hamil lebih kuat dan lebih terlindungi dari penyakit. Kondisi tubuh yang baik menjadikan janin juga baik.

Mengurangi produksi asam lambung yang kurang baik bagi tubuh. Umumnya bila asam lambung meningkat dapat membuat seseorang terkena penyakit mag. Pada ibu hamil peningkatan asam lambung dapat memilcu gejala mual-mual yang disertai dengan muntah. Dengan demikian, puasa dapat mengurangi gangguan tersebut sehingga lebih tenang menjalani kehamilannya.

Mencegah gangguan pencernaan (sembelit). Kondisi ibu hamil dapat mengurangi selera makan yang dapat mengganggu sistem pencernaan. Dengan berpuasa akan memperbaiki sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Terakhir yaitu mengatur kadar gula darah. Puasa berfungsi mengatur gula darah yang dapat beresiko obesitas dan deabetes. Kandungan gula darah akan diatur sehingga kondisi menjadi stabil dan fungsi tubuh berjalan dengan baik. Selamat berpuasa Moms semoga moms dan buah hati sehat selalu.

 

 

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Tulisan Lainnya

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Apa itu Iman?

Oleh : Sumardi Solin

SIAPA MANUSIA PALING BURUK?

Oleh : Sumardi Solin

Buah Kesombongan

Oleh : Sumardi Solin

Terlambat Segalanya

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Manfaat puasa untuk kesehatan: lepaskan penyakitmu