Info Sekolah
Friday, 09 Dec 2022

Manfaat Puasa Arafah: Double Pengampunan

Diterbitkan :

Manfaat Puasa Arafah: puasa sendiri memiliki manfaat yang banyak baik untuk fisik maupun fisikis. Manfaat untuk fisik misalnya mengeluarkan racun-racun, menstabilkan pencernaan, melancarkan peredaran darah dan lain-lain. Manfaat fisikis yaitu menenangkan pikiran, meningkatkan kefokusan, dan lain-lain.

Manfaat Puasa Arafah: Double Pengampunan – puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzul hijjah tiap tahunnya. Ketentuan puasa Arafah sama halnya dengan puasa lainnya. Hanya berbeda waktunya saja. Walau demikian puasa Arofah memiliki keistimewaan tersendiri. Sebagaimana Hadits Nabi Muhammad Shollollohu ‘Alaihi Wasallam “Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang.” (HR. Muslim)

Ulama berbeda pendapat mengenai pengampunan dosa. Ada yang berpendapat semua dosa terampuni baik dosa kecil maupun dosa besar. Akan tetapi, kebanyakan ulama berpendapat hanya dosa kecil saja. Sedangkan dosa besar harus dengan taubatan nasuha terlebih dahulu baru diampuni.

Mengabil Tawaran Istimewa

Manfaat Puasa Arafah: Double Pengampunan – Sebagai orang yang tak pernah lepas dari dosa sudah sepantasnya kita mengambil kesempatan tersebut. Tiap saat kita melakukan dosa dan dosa tersebut akan menjadi penghalang bagi kita untuk masuk surga. Setidaknya dengan berpuasa Arafah kita memiliki kesempatan untuk terhapusnya dosa. Dengan demikian, langkah kita menuju surga lebih ringan. Maha Pemurah Alloh yang telah memberikan amalan dengan pahala sangat besar. Namun, karena pahala itu tidak tampak membuat kita bermalas-malasan mengerjakannya. Semoga kita terus mendawamkan puasa sunnah Arofah hingga akhir hayat. Aamiin….

Berikut ini hadits shahih yang menjelaskan keutamaan puasa sunnah ini menurut agama Islam. Rasulullah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menuturkan keutamaannya dihapuskan dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang diriwayatkan HR Muslim. Berikut ini hadits shahih yang menjelaskan keutamaan puasa sunnah ini menurut agama Islam. Rasulullah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menuturkan keutamaannya dihapuskan dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang diriwayatkan HR Muslim.

Berikut ini hadits shahih yang menjelaskan keutamaan puasa sunnah ini menurut agama Islam. Rasulullah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menuturkan keutamaannya dihapuskan dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang diriwayatkan HR Muslim.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Tulisan Lainnya

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Pahala Sholat Subuh: Anda Terkaya

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Pahala Sholat Berjamaah di Masjid: Memakmurkan Masjid

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan

Oleh : Sumardi Solin

Suatu kisah