Info Sekolah
Wednesday, 10 Aug 2022

Manfaat Mengkonsumsi Madu

Diterbitkan :

 

Manfaat Mengkonsumsi Madu -Sudah menjadi ketetapan bahwa setiap kali Allah menurunkan penyakit, Allah pasti menurunkan penyembuhnya. Seperti hadits Rasulullah SAW, yang Artinya; Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan dia menurunkan obatnya’(HR. Bukhari dan Muslim). Jauh sebelum ilmu pengetahuan berkembang pesat, Nabi Muhammada SAW, sudah mengetahui dan menerapkan pengobatan yang terbukti khasiatnya.

Terdapat Nash mengenai pengobatan dalam Al-Qur’an dan Hadits yang menunjukkan bahan-bahan atau dzat yang disebutkan bisa menjadi obat dan menjadi sebab kesembuhan dengan izin Allah. Ulama’ menyebutkan sebagai Thiibun Nabawi yaitu metode pengobatan ala Rasulullah SAW. Allah berfirman, “Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, didalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (QS. An-Nahl : 69)

Beberapa Manfaat MADU

Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang menjelaskan bahwa madu memiliki manfaat yang sangat luar biasa dan kali ini artikel kita akan mencantumkan beberapa manfaat mengkonsumsi madu diantarannya yaitu :

1) Mengobati luka bakar, karena madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan (Inflammatory activity anti).

2) Membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi.

3) Memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi, mengobati sariawan dan gangguan mulut lain.

4) Dapat membunuh kutu, menghilangkan ketombe, memanjangkan rambut, memperindah dan melembutkannya serta menyembuhkan penyakit kulit kepala. Dengan cara menggunakan cairan madu berkadar 90% (Madu dicampur air hangat) dan digunakan dua kali sehari.

5) Sebagai pengobatan kencing manis. Madu mampu menurunkan kadar glukosa darah penderita diabetes karena adanya unsur antioksida yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah sehingga kadar gula tersebut tidak terlihat tinggi.

6) Madu mencegah terjadinya radang usus besar (Colitis), penyakit maagh dan tukak lambung.

7) Selain itu, madu amat bergizi melembutkan sistem alami tubuh, menghilangkan rasa obat yang tidak enak, membersikan liver, memperlancar buang air kecil dan cocok untuk mengobati batuk berdahak.

Allah SWT. menciptakan segala sesuatu pasti memiliki manfaat, meskipun itu sekecil semut atau yang tidak terlihat (kasat mata), maka kita perlu mengkaji lebih jauh tentang apa yang dimaksudkan Allah SWT dalam setiap penciptaanNya .

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Sumardi Solin

Tulisan Lainnya

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Pahala Sholat Subuh: Anda Terkaya

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Keutamaan Puasa Senin Kamis : Patut Dicoba

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan

Oleh : Sumardi Solin

Empat Prinsip Hidup Muslim