Info Sekolah
Wednesday, 10 Aug 2022

Keutamaan Puasa Senin Kamis : Patut Dicoba

Diterbitkan :

Keutamaan puasa senin kamis – Harus kita perlu ketahui bersama bahwa ibadah puasa hendaknya bukan hanya dikerjakan saat bulan Ramadan. Ada banyak ibadah puasa sunah dengan keutamaan-keutamaan luar biasa yang bisa kita kerjakan. Salah satu puasa sunah yang bisa dikerjakan yaitu puasa Senin Kamis.
Seperti puasa sunah lainnya. Keutamaan puasa Senin Kamis akan sayang jika dilewatkan begitu saja. Berikut ini beberapa keutamaan puasa Senin Kamis (sumber).

Amalan dari ibadah puasa ini khusus untuk Allah SWT. Dalam suatu riwayat, Allah berfirman yang artinya, “Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku”.

 

Pada hari-hari inilah dosa setiap orang akan diampuni, kecuali dua orang mukmin yang sedang bermusuhan.

Keutamaa puasa senin kamis. Dari Abu Harrairah Radiallahu anhu, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :
“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).

Keutamaan puasa senin kamis seru

Keutamaan puasa Senin Kamis yang kedua yaitu orang yang berpuasa akan mendapatkan surga khusus untuknya. Orang-orang yang rajin mengamalkan ibadah puasa, akan memasuki surga khusus yang bernama Ar-Rayyan.

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan: manakah orang-orang yang suka berpuasa? Maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim).

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Tulisan Lainnya

Oleh : Sumardi Solin

Sholat Sunnah Sesudah Wudu

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Pahala Sholat Subuh: Anda Terkaya

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Pahala Sholat Berjamaah: Tak Tergantikan

Oleh : Sumardi Solin

Keutamaan Belajar Bahasa Arab