Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di hari jumat ;Kita perlu mengetahui bersama-sama ternyata Surat Al-Kahfi adalah salah satu surat yang terdapat di dalam Al-Qur’an dengan keutamaan dan manfaat yang besar jika diamalkan oleh umat muslim. Bahkan, Rasulullah SAW menganjurkan agar membaca surat ini pada setiap hari Jumat atau malam Jumat.

Namun, tidak hanya baik dibaca pada hari Jumat saja, Surat Al-Kahfi juga baik dibaca setiap hari. Nah, berikut ini kita akan cantumkan beberapa keutamaan yang bisa kita dapatkan jika membaca surat Al-Kahfi.

1. Terhindar dari fitnah Dajjal

Umat islam yang membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat akan menghindarkan dari fitnah Dajjal.

Nabi Muhammad SAW bahkan bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca Surat Al-Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal.

2. Diampuni Dosanya oleh Allah SWT

Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullulah SAW bersabda bahwa

“Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.’”

Al-Mundziri berkata: hadist ini diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan isnad yang tidak apa-apa. (Dari kitab At-Targhib wa al- Tarhib: 1/298)

2. Mendapatkan ridho dari Allah

Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullullah SAW bersabda :

“Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

Membaca Surat Al-Kahfi dapat mendekatkan kita pada ridho Allah dan mendapatkan cahaya keberkahan dari ujung rambut hingga ujung kaki.

3. Mendapat petunjuk dari Allah

Dengan keutamaan surat Al-Kahfi ini, teranglah langkah hidup bagi orang yang membaca Surat Al-Kahfi di malam Jumat. Sebab Allah memberinya cahaya hingga Jumat berikutnya.

إِنَّ مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Sesungguhnya barangsiapa membaca surat Al-Kahfi di hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jumat” (HR. Hakim dan ia menshahihkannya)

4. Dijauhkan dari godaan syaitan

Keutamaan membaca surat Al-Kahfi salahsatunya adalah dijauhkan dari godaan setan.

Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa “ Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Kahfi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.”