Info Sekolah
Saturday, 03 Dec 2022

Keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan

Diterbitkan :

 

Keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan: Membaca Al-Qur’an bagi orang muslim bak oase di tengah gurun pasir. Biasanya ketika kita kecil atau sampai saat ini selalu dimotivasi untuk menghatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan. Melihat teman ada yang hatam akan memacu semangat untuk menghatamkan juga. Ternyata ada keutamaan besar yang diberikan Alloh Subhaanahuu Wata’ala.

Keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan: Alloh Yang Maha Tahu memberikan kesempatan kepada manusia untuk mendapatkan pahala yang berlimpah. Karena umumnya manusia memiliki banyak dosa dan pada bulan Ramadhan kesempatan untuk menebusnya.

Keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan

  1. Kemulian suatu kaum

Kemulian suatu kaum dapat dilihat seberapa banyak interaksinya dengan Al-Qur’an. Terlebih lagi pada bulan Ramadhan sudah selayaknya intraksi dengan Al-Qur’an makin banyak. Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah meninggikan suatu kaum karena Al-Quran ini dan merendahkan juga karenanya.” (HR Muslim)

Tentu tidak berhenti pada membacanya. Lebih utama untuk memahaminya agar pemahaman terhadap dalil dan dalam melaksanakan ibadah semakin yakin dan bagus. Sebaliknya, bagi orang yang mengetahuinya, namun malah mengingkarinya, maka Allah akan merendahkannya.

  1. Syafaat bagi pembacanya

Hadis riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Didatangkan pada hari kiamat (yaitu) Alquran dan para pembacanya yang mereka itu dahulu mengamalkannya di dunia, dengan didahului oleh Surat Al-Baqarah dan Surat Al-Imran yang membela pembaca kedua surat ini.”

Pada hadits lainnya Rasulullah SAW juga bersabda:

Artinya: “Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat kepada pembacanya.” (HR. Muslim)

  1. Ditinggikan derajat orangtuanya di akhirat

Rasulullah SAWbersabdayang artinya: Barang siapa membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya, maka kedua orangtuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat yang cahayanya lebih indah daripada cahaya matahari di rumah-rumah di dunia ini. Maka apa pendapatmu tentang orang yang mengamalkannya? (HR. Abu Dawud)

  1. Pahala dilipatgandakan hingga 700 kali

Alloh Subhaanahuu Wata’ala Maha Pemurah untuk memberikan pahala kepada hamba-Nya terutama pada bulan Ramadhan dua kali lipat hingga 700 kali. Berikut sabda Rasululloh Shollollohu Alaihi Wasallam

“Semua amalan anak Adam akan dilipatgandakan (balasannya), satu kebaikan akan dibalas dengan 10 sampai 700 kali lipat. Allah Swt. berfirman: Kecuali puasa, sesungguhnya itu untuk-Ku, dan Aku yang langsung membalasnya. Hamba-Ku telah meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku.” (HR. Muslim)

Sedangkan Membaca satu saja akan memperoleh sepuluh kebaikan. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

  1. Tanda cinta kepada Allah

Seseorang dapat dikatakan benar-benar cinta jika ia telah membuktikan cintanya. Begitu juga seorang hamba yang mengaku mencintai Alloh tentu ia tidak bosan membaca surat cinta dari Alloh (Al-Qur’an). Ibnu Mas’ud berkata, “Barangsiapa yang ingin dicintai Allah dan Rasul-Nya, maka perhatikanlah: “Jika ia mencintai Al Quran, berarti ia mencintai Allah dan Rasul-Nya.” (HR Thabrani)

Utsman bin ‘Affan berkata, “Kalau sekiranya hati kita bersih, tentu tidak akan kenyang (membaca) kitabullah.”

Sebenarnya masih banyak lagi keuamaan yang lainnya. Sebagai seorang muslim haruslah bersemangat membaca Al-Qur’an terlebih lagi pada bulan Ramadhan.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Tulisan Lainnya

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Pondok Tahfidz di Malang: Kota Pendidikan

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Pondok Tahfidz di Pare Kediri: bawa perubahan positif

Oleh : Sumardi Solin

MENGURAI MASALAH TANPA LELAH

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Pahala Sholat Subuh: Anda Terkaya