Info Sekolah
Selasa, 25 Jan 2022

Keutamaan Shalat Berjamaah : Banyak Pahalanya

Diterbitkan :

 

Keutamaan shalat berjamaah – Sudah tidak asing lagi di telinga kalangan masyarakat muslim dan muslimat. Semua orang sudah semua mengetahui bahwa sholat berjamaah lebih utama dari pada sholat sendiri, bukankah anda sudah mengetahui?

Keutamaan shalat berjaamah:  Perlu kita ketahui sholat ialah wajib bagi yang beragama islam. Salah satu meraih pahala yang sangat besar ialah sholat berjamaah.

Pahala Sholat Berjamaah, Salah satu hadits Rasulullah: “Shalat berjamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat dibanding shalat sendirian.” (HR. Bukhari-Muslim).

Dari hadits di atas telah disampaikan bahwa shalat berjamaah itu lebih utama dari shalat sendiri. Pahalanya minimal 25 kali lipat atau bahkan sampai 27 derajat. Maknanya, walaupun 27 kali Anda shalat sendiri tidak sebanding dengan shalat berjamaah. Jadi, Anda akan dapati pahala shalat berjamaah tidak akan pernah tergantikan dengan sholat sendiri.

Keutamaan sholat berjamaah masjid

Dalam sebuah riwayat juga dinyatakan bahwa shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat munfarid (salat sendirian), yakni perbandingan pahala antara shalat berjamaah dengan salat sendiri adalah 1 banding 27 derajat. Sungguh perbandingan yang sangat luar biasa.
Bahkan Sebagian ulama juga berpendapat bahwa pahala 27 derajat itu untuk shalat Isya dan Shubuh. Sebab, shalat berjamaah pada kedua waktu tersebut lebih berat daripada shalat lainnya. Sebagian ulama menerangkan bahwa berdasarkan hadis lain, Allah SWT senantiasa menambah kenikmatan umat ini, bisa saja dari 25 pahala ditambah menjadi 27 pahala.
Bahkan adalagi sebuah penjelasan yang lebih menakjubkan, bahwa hadis mengenai pahala 25 itu bukan sebagai tambahan, tetapi sebagai kelipatan 25. Dengan hitungan tersebut, maka satu shalat akan menghasilkan pahala 33.554.432 derajat. Dan perlu kita ketahui bahwa bagi Allah SWT pahala sejumlah itu bukan apa-apa, dan jika dihubungkan dengan shalat yang ditinggalkan dengan dosanya satu huqub atau setara dengan 80 tahun.

Nabi bersabda bahwa shalat orang laki-laki yang dilakukan dengan cara berjamah itu lebih baik daripada shalat selama 40 tahun yang dilakukukan orang laki-laki di rumahnya secara munfarid (sendiri). Jadi, masih mau sholat sendiri nih ?

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Admin Arrasyid School

Tulisan Lainnya

Oleh : Admin Arrasyid School

Manfaat Puasa Rajab: Adakah tuntunannya?

Oleh : Admin Arrasyid School

Manfaat sholat dhuha

Oleh : Admin Arrasyid School

Manfaat puasa senin Kamis bagi pria

Oleh : Abu Hassaan

ABSTRAK

Oleh : Sumardi Solin

Amalan-amalan utama di hari jumat