Info Sekolah
Thursday, 11 Aug 2022

Keutamaan Belajar Bahasa Arab

Diterbitkan :
Keutamaan Belajar Bahasa Arab

Tahukah Anda bahwa sebagian umat Islam tidak begitu perhatian bahkan bisa dikatakan kurang perhatian dengan bahasa Arab. Padahal sudah mengetahui jelas jelas bahwa bahasa Arab adalah, bahasa Al-Qur’an dan Hadits. Sebagian kaum muslimin sangat bersemangat belajar bahasa Inggris karena mungkin berpikir bahwa bahasa Inggris sangat bermanfaat untuk kehidupannya atau lainnya. Hendaknya juga semangat belajar bahasa Arab sebab bisa dikatakan sangat banyak manfaatnya dan bukan berarti pula bahasa selain bahasa arab tidak boleh atau tidak baik untuk kita pelajari atau kuasai, nah kali ini artikel kita akan mencantumkan Keutamaan Belajar Bahasa Arab dan beberapa manfaat Belajar Bahasa Arab.

  • Yamg utama dan yang paling utama adalah,lebih khusyu’ ketika sholat terutamanya dan membaca Al-Qur’an.
  • Lebih gampang dan sangat mudah memahami ilmu agama tentunya, bahkan sangat banyak kaidah ilmu agama dibangun diatas ilmu bahasa arab,(NAHU & SHOROF)
  • Sangat mudah paham dan memahami Al-Qur’an bahkan menghafal Al-Qur’an
  • Demikian juga dengan hadits hadits sangat mudah paham, memahami dan menghafalkan. Dan masih banyak lagi lainnya.

 

Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ قُرْآناً عَرَبِيّاً لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (Q.S. Yusuf:2)

Sahabat Umar Ra, pernah berkata.

Umar bin Khattab pernah berkata bahwa bahasa Arab adalah bagian dari agama. Beliau berkata;

تعلموا العربية فإنها من دينكم

Pelajarilah bahasa Arab, sesungguhnya ia bagian dari agama kalian

Pentingnya Belajar Arab.

Syaikh Abdurrahman as-sa’di rahimahullaah berkata : “Bahasa arab adalah bahasa yang paling mulia. Bahasa Rasul yang diutus kepada mereka dan menyampaikan dakwahnya dalam itu pula. Bahasa jelas dan gamblang. Renungkanlah bagaimana berkumpulnya keutamaan-keutamaan yang baik ini :

Al-Qur’an adalah kitab yang paling mulia, diturunkan kepada malaikat yang paling utama, diturunkan kepada manusia yang paling utama pula, dimasukkan kedalam tubuh paling utama, yaitu hati. Untuk disampaikan kepada umat yang paling utama, dengan bahasa yang paling utama yang paling fasih yaitu bahasa arab yang jelas. (Muslimahorid). Al Imam Muhammad Bin Idris Asy -syafi’i Rahimahullaah juga mengatakan : ” Bahasa yang dipilih oleh Allah ‘azza wajalla adalah bahasa arab, maka Allah menurunkan kitabNya yang mulia dengan bahasa arab, dan Allah jadikan bahasa arab itu sebagai bahasa sang penutup para nabi, yaitu Nabi Muhammad shallaahu ‘alaihi wasallam. Oleh karena itu kami katakan, “bagi setiap orang yang mampu belajar bahasa arab, maka sepantasnya bagi dia untuk belajar bahasa arab. Karena itu adalah bahasa yang paling mulia.

تعلموا العربية فإنها جزء من دينكم

 

Sumardi Solin

Tulisan Lainnya

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Sholat Tahajud: Meraih Maqom Terindah

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Pondok Tahfidz di Jawa Timur: Penjaga Kalam Ilahi

Oleh : Pesantren Tahfid Ar-rasyid PTA

Manfaat Puasa Arafah: Double Pengampunan

Oleh : Sumardi Solin

Empat Prinsip Hidup Muslim

Oleh : Sumardi Solin

Memahami Kegagalan