Info Sekolah
Monday, 04 Jul 2022

DUA RAKAAT SEBELUM SUBUH

Diterbitkan :

Dua rakaat sebelum subuh -Tahukah anda bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendukung ummatnya untuk melaksanakan shalat dua rakaat sebelum subuh, kali ini Artikel kita akan mencantumkan satu atau dua perkataan rasulullah dua rakaat sebelum subuh . Mari kita baca dengan teliti dan semoga kita bisa mengamalkan karena Allah Ta’ala & semoga Allah terima amalan kita , Aamiin….

Rasulullah sangat mendukung umatnya untuk melaksanakan shalat dua rakaat sebelum subuh. Seperti dalam sabdanya yang berbunyi ;

‘Dari Aisyah Radiyallahu’anha. berkata dari Nabi Shalallahu’alaihi Wasallam beliau bersabda :

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا

‘‘Dua raka’at fajar lebih baik dari pada dunia dan seisinya’’(H.R. Muslim Hadits no. 1109)

Shalat sunnah fajar yaitu shalat sunnah yang dilaksanakan sebelum melakukan shalat subuh, yang dilakukan setelah masuk shalat subuh. Untuk jumlah rakaatnya sendiri adalah sebanyak dua rakaat. Ada banyak sekali istilah yang dipakai untuk menunjukkan shalat dua rakaat sebelum subuh. Namun sebagian ulama menyebutnya dengan shalat sunnah fajar. Namun ada juga yang menamainya shalat sunnah subuh. Hal ini dikarenakan shalat sunnah ini dilaksanakan sebelum shalat subuh. Ada juga yang menyebutnya shalat sunnah barad karena mungkin dilakukan saat hari masih dingin. Selain itu ada juga yang menyebutnya shalat sunnah ghadat karena shalat sunnah ini dilakukan pagi-pagi sekali.

Hadis Riwayat Bukhari 1093 dan Muslim 1191, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata:

لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى شَيْءٍ مِنْ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مِنْهُ تَعَاهُدًا عَلَى رَكْعَتَيْ الْفَجْر

Artinya: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah melakukan satu sholat sunnah pun yang lebih beliau jaga dalam melaksanakannya melebihi dua rakaat sholat sunnah subuh.

Maka setelah kita mengtahui keutamaan dan bagaimana islam memposisikan ibadah ini, apakah ingin istiqomah untuk mengamalkan amalan ini? Tentu saja ia bukan?

Semoga kita bisa mengamalkan, amalan yang satu ini…

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Sumardi Solin

Tulisan Lainnya

Oleh : Abu Hassaan

ABSTRAK

Oleh : Hermansyah

PENUNTUT ILMU

Oleh : Admin Arrasyid School

Patah Hati Yang Paling Disengaja

Oleh : Sumardi Solin

Keutamaan Belajar Bahasa Arab